Beranda | Artikel
Ihsan kepada Diri Sendiri dan Orang Tua - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)
Senin, 14 September 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Ihsan kepada Diri Sendiri dan Orang Tua

Kita wajib berlaku ihsan kepada diri sendiri, bahkan sebelum kita berlaku ihsan kepada sesama ciptaan Allah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

وَلِنَفْسِكَ عَلَيْكَ حَقًّا

“Dan sungguh, dirimu sendiri juga memiliki hak yang wajib kamu penuhi.”

Lalu bagaimanakah wujud ihsan kita kepada diri sendiri?

Wujudnya adalah dengan memberikan hak-hak diri dan tidak mengebirinya. Seperti memberinya makanan yang halal dan baik, menjauhkannya dari makanan atau minumam yang haram dan membawa mudarat, serta menikah apabila sudah mampu melakukannya.

Namun ada hak diri yang jauh lebih penting daripada semua itu, yaitu membiasakannya untuk selalu melakukan kebaikan dan tidak menganiayanya untuk selalu melakukan kebaikan dan tidak menganiaya dengan berbuat keburukan ataupun kemaksiatan. Sebab seorang dikatakan telah berbuat ihsan kepada diri sendiri apabila mampu mengendalikan dan mengarahkannya untuk ketaatan kepada Allah dan RasulNya.

Oleh karena itu, Allah Ta’ala berfirman:

وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّاهَا، فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَاهَا، قَدْ أَفْلَحَ مَن زَكَّاهَا، وَقَدْ خَابَ مَن دَسَّاهَا

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai “Ihsan kepada Diri Sendiri dan Orang Tua” ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama: Ihsan kepada Diri Sendiri dan Orang Tua

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/15916-ihsan-kepada-diri-sendiri-dan-orang-tua-aktualisasi-akhlak-muslim-ustadz-abu-ihsan-al-atsary-ma/